Featured Widget

6/recent/ticker-posts

Musyawarah Cabang ke II PCM Panggungrejo

PCM PANGGUNGREJO - Setelah perhelatan Musyawarah Daerah ke 8 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pasuruan kemudian dilanjut dengan pelantikan PDM tanggal 4 Mei 2023 di Gedung Gradika Bhakti Praja. PCM Panggungrejo menyelenggarakan Musyawarah Cabang Bersama dengan PCM lainnya di Kota Pasuruan. PCM tersebut yaitu PCM Purworejo, PCM Gadingrejo, dan PCM Bugul Kidul. 

Pelaksanaan Musycab ini dilaksanakan hari Ahad, 14 Mei 2023 di Gedung Da'wah Muhammadiyah Kota Pasuruan. Dihadiri oleh Pengurus Harian PCM Panggungrejo, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Perwakilan dari AUM, Takmir Masjid dan lainnya. 

PEMBUKAAN MUSYCAB

Pembukaan musycab dimulai pukul 07.30 wib yang diawali dengan registrasi peserta dan undangan di meja penerimaan panitia. Jam 08.00 acara pembukaan dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PDM Kota Pasuruan yakni Drs. Abu Nasir, M.Ag.

Ketua Panitia Musycab Bersama yaitu Agus Supriyanto menjelaskan tentang kesiapan panitia dalam persiapan musycab bersama ini. 

Sedangkan dalam sambutan sebagai ketua PDM, Abu Nasir menjelaskan mengenai peluang dan kesempatan bagi seseorang yang berjuang dengan dakwah di persyarikatan Muhammadiyah. "Dalam berjuang di Muhammadiyah tidak ada kata mengenal pensiun."

MUSYCAB PCM PANGGUNGREJO
Dengan berakhirnya Pembukaan, maka peserta mulai memasuki ruang sidang untuk melakukan tahapan dalam pelaksanaan Musyawarah Cabang PCM Panggungrejo.

Pada sidang pleno ke satu ini dipimpin oleh Sekretaris PCM Panggungrejo, Fitri Qodiri dengan agenda yaitu pembahasan Tata Tertib MUSYCAB dan Tata Tertib Pemilihan, kemudian dilanjut dengan pembacaan Laporan PCM Panggungrejo periode 2015-2022 yang dibacakan oleh Ketua PCM Panggungrejo, Suharsono.

Laporan pertanggungjawaban ini meliputi Laporan kegiatan, Laporan Program Kerja. Sedangkan Laporan Keuangan disampaikan oleh Bendahara PCM, Paidi Fauzi, S.Ag.

Setelah pembacaan laporan pertanggungjawaban PCM Panggungrejo Periode 2015-2022, kemudian beberapa peserta sidang pleno memberikan tanggapan diantaranya Samsul Arifin, S.Ag yang mempertanyakan tentang masih adanya beberapa Ranting Muhammadiyah yang masing orang-orang itu saja. Langsung ditanggapi oleh Ketua PCM Periode lalu, "Beberapa Ranting Muhammadiyah ada yang kering dengan kepengurusan, hal ini dikarenakan sangat sedikit warga Muhammadiyah yang mau dicalonkan sebagai pengurus Muhammadiyah di tingkat ranting". Sehingga yang terjadi adalah beberapa PRM masing menggunakan kepengurusan yang lama. 

Kemudian Ketua sidang menanyakan kembali, apakah laporan pertanggungjawaban bisa diterima?. Spontan peserta sidang menjawab bisa. Dan dengan mengucapkan "Alhamdulillah" PCM Panggungrejo dinyatakan demisioner dan sidang pleno pertama ini selesai. 


SIDANG PLENO KEDUA
Pada sidang pleno kedua ini membahas mengenai Program dan rekomendasi untuk periode 2022-2026. Sidang pleno kedua ini dipimpin oleh Abdul Rohman selaku Pantarlih Musycab ke 2 PCM Panggungrejo ini. 

Pembahasan mengenai beberapa program kerja yang sudah diusulkan dalam buku panduan Musycab. Ada beberapa peserta yang mengusulkan tambahan, revisi program kerja yaitu :
1. Suharsono mengusulkan mengenai sinoman kematian dari para jama'ah di persyarikatan Muhammadiyah. Hal tersebut diaminkan oleh H. Paidi Fauzi dengan beberapa alasan dan pertimbangan. 
2. Agus Salim mengusulkan tempat untuk ambulance yang representatif di PCM Panggungrejo. 
3. Fitri Qodiri mengusulkan agar ada pemberdayaan ekonomi di PCM Panggungrejo dengan memanfaatkan bangunan di wilayah PCM Panggungrejo.

Sidang pleno kedua ini berhasil menyepakati beberapa program kerja untuk periode 2022-2026. Kegiatan musycab dihentikan sejenak untuk istirahat, sholat dan makan yang telah disediakan oleh Panitia. 

SIDANG PLENO KETIGA
Setelah istirahat sholat dan makan, tepat pukul 12.30 acara dilanjutkan, dengan dipimpin oleh Pantarlih yang telah ditunjuk oleh SK PCM Panggungrejo dan disetujui oleh seluruh peserta sidang. Maka Abdul Rahman memimpin sidang Pleno ketiga. 

Di sidang pleno ketiga membahas mengenai persiapan tata cara pemilihan. Pembahasan tata tertib pemilihan ini terasa sangat lancar peserta tidak ada sanggahan terhadap pasal-pasal yang mengatur tata tertib pemilihan ini. 

Pembahasan mengenai tatail tertib pemilihan selesai dilanjutkan dengan pemilihan kepemimpinan PCM Panggungrejo periode 2022-2026. Peserta sidang menerima kertas kosong yang nantinya peserta bisa menuliskan 7 orang nama-nama calon formatur. Sedangkan nama-nama yang diusulkan yaitu semua peserta sidang kecuali utusan dari AUM yang berhak memilih dan tidak berhak dipilih. 

Mengenai pemilihan dengan media kertas dan bolpoin hanyalah untuk mempermudah bapak-bapak peserta sidang dikarenakan banyak yang sudah berusia lanjut. Tetapi dengan cara ini juga bisa menambah kesedihan dalam pemilihan calon formatur ini. 
Mengenai kenapa memilih 7 orang formatur hal ini sesuai acuan dari sambutan ketua PDM Kota Pasuruan sekaligus kesepakatan peserta sidang. Pada pemilihan musyawarah daerah ke 8 PDM Kota Pasuruan memilih 9 orang, sehingga peserta sidang menyepakati setiap peserta memilih 7 orang calon formatur.

Pada proses perhitungan suara, perolehan suara sebagai berikut :
1. Imam Sukadi = 6 Suara
2. Suyatno = 14 Suara
3. Suharsono = 15 Suara
4. M.Afif = 5 Suara 
5. Fitri Qodiri = 14 Suara
6. Jamaludin = 4 Suara
7. Baujir = 11 Suara
8. Samsul Arifin = 3 Suara
9. Agus Salim = 10 Suara
10. Paidi Fauzi = 14 Suara
11. Abdul Rohman = 4 Suara
12. M. Yusuf Hasmi = 9 Suara
Suara tidak sah = 2 Suara

Sehingga diurutkan menjadi 7 besar yaitu :
1. Suharsono = 15 Suara
2. Suyatno = 14 Suara
3. Fitri Qodiri = 14 Suara
4. Paidi Fauzi = 14 Suara
5. Baujir = 11 Suara
6. Agus Salim = 10 Suara
7. M. Yusuf Hasmi = 9 Suara

Kemudian 7 anggota formatur mengadakan rapat selama kurang lebih 5 menit untuk menentukan siapa yang menjadi ketua, Sekretaris, dan Bendahara PCM Panggung. Dari rapat yang dipimpin oleh suharsono selalu ketua formatur maka diputuskan sebagai berikut :

Ketua : Drs. Suharsono
Wakil Ketua : M. Yusuf Hasmi, SE. 
Sekretaris : Fitri Qodiri, S.Kom
Bendahara : H. Paidi Fauzi, S.Ag.
Anggota Formatur:
1. Baujir, S.Pd.
2. Suyatno, S.Pd.

Dari hasil tersebut maka sidang pleno ketiga ditutup dan selesai. Dan dari hasil ini maka peserta sidang kembali ke Aula KH. Ahmad Dahlan untuk penutupan Musyawarah ke 2 PCM Panggungrejo. 

PENUTUPAN MUSYCAB
Acara penutupan Musycab ke 2 PCM Panggungrejo ini dimulai pukul 13.30 wib dengan sambutan dari ketua Panitia, dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua PCM Panggungrejo periode 2022-2026. 
Ketua PCM memberikan sambutan, dengan suara bergetar, bahwa "Amanah ini sungguh berat". Sehingga berharap dari semua orang di PCM Panggungrejo untuk bekerja bersama, berdakwah bersama untuk memajukan Kecamatan Panggungrejo. 

Kemudian Ketua PDM Kota Pasuruan memberikan sambutan sekaligus motivasi kepada seluruh pengurus PCM untuk selalu bergerak, yang paling penting yaitu ada kegiatan meskipun itu sederhana semisal pengajian rutin atau kajian islami lainnya. Menghidupkan dan menyemarakkan masjid-masjid persyarikatan Muhammadiyah yang menjadi binaan dari Majelis Tabligh di PCM masing-masing. 

Dan tak kala pentingnya, Abu Nasir menyatakan siap untuk melepas Amal Usaha Muhammadiyah dan menyerahkan ke PCM jikalau PCM siap. Sehingga PCM bisa mempunyai amal usaha yang bisa menggerakkan kegiatan persyarikatan, tuturnya. 


























































Posting Komentar

0 Komentar