Featured Widget

6/recent/ticker-posts

Kajian Rutin PCM Panggungrejo, 9 Maret 2023

PCM PANGGUNGREJO - Kajian Rutin malam Jum'at PCM Panggungrejo Kota Pasuruan, 9 Maret 2023 di Masjid At-Taqwa Jagalan dengan pembicara Ustad Umar Efendi Selaku Ketua Majelis Pustaka Informasi Digitalisasi dan Pembinaan Masjid PDM Kota Pasuruan.

 

Kajian ini diisi oleh Ustadz Umar Efendi, S.Ag. dari Majelis Tabligh PCM Panggungrejo dengan tema "Mensyukuri Nikmat Allah". 

Allah Subhanahu wa Ta'alla berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ibrahim ayat ke-7:

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.


Bersyukur tidaklah mudah untuk dilakukan. Memang lebih mudah bicara, apalagi hidup di dunia sekarang ini banyak tuntutan, gaya hidup yang sosialita. Jika kita mudah terpengaruh oleh gaya hidup yang tidak bisa kita penuhi dengan meliputi kita atau jauh dari jangkauan kita, maka kita tidak akan pernah bisa merasa cukup dengan apa yang kita miliki saat ini. Kita hanya akan mengeluh karena kekurangan dan tidak bisa bersyukur.


Di saat Anda merasakan kesenangan, diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat di mana dulu pernah merasakan susah. Begitu juga saat merasakan kesusahan. Maka ingatlah bahwa akan datang kesenangan.


Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” – (QS Alam Nasyrah : 5 – 6).

Saat Anda sedang di masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Allah berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Bersyukur merupakan ibadah paling mudah untuk dilakukan sebenarnya, tetapi sedikit sekali orang yang menyadari dan melakukannya. Hanya hamba yang benar-benar beriman yang bisa mensyukuri setiap nikmat dan rizki yang telah Allah berikan. Sekecil apapun itu, jika kita bersyukur maka nilainya akan tinggi di mata Allah Ta`ala. Maka paatutlah kita selalu bersyukur kepada Allah setiap saat.


Kita akan selalu merasakan kebahagiaan hidup, jika kita selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki dan atas apa yang terjadi dalam hidup kita. Bagaimana kita akan bisa bahagia dan bisa menikmati kehidupan jika keseharian hidup kita hanya terus melihat kehidupan dan kelebihan orang lain saja. Lihatlah diri sendiri, bahwa sebenarnya hidup kita sudah jauh lebih baik, maka bersyukurlah. Banyak bersyukur akan membawa kita selalu berpikir positif dan akan membuat kita lebih kreatif untuk menjadi lebih baik. Semoga Allah menjadikan kita hamba-Nya yang senantiasa selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya.








Posting Komentar

0 Komentar