Featured Widget

6/recent/ticker-posts

Kajian Rutin PCM Panggungrejo, 23 Januari 2020 Oleh Ust. H. M. Yusuf Hasmi

PCM PANGGUNGREJO - Kajian Rutin Pimpinan Cabang Muhammadiyah Panggungrejo Kota Pasuruan dilaksanakan Kamis malam Jum'at di Masjid At Taqwa Jagalan Kota Pasuruan. Pada kesempatan ini yang mengisi kajian ini yaitu Ust. H M Yusuf Hasmi. Tema yang beliau diberikan yaitu mengenai "Tadabbur Surat al-A’la"

Mukaddimah: Yang Maha Tinggi..Surat ini sebagaimana surat makkiyah lainnya, masih menekankan aspek akidah dan kei-manan, hanya saja isinya sangat umum. Berisi tentang tanda-tanda kekuasaan dan keesaan Allah swt serta membicarakan wahyu dan kitab serta suhuf yang diturunkan kepada para nabi.

BERTASBIHLAH
Surat ini termasuk salah satu surat yg diawali dg tasbih. Surat-surat tersebut ada yang dibuka dengan tasbih dlam bentuk past tense (fi’il madhi) “سَبَّØ­َ” ada yang berbentuk present tense (fi’il mudhari’) “ÙŠُسَبِّØ­ُ” dan ada yang berbentuk kata perintah (fi’il amr)“سَبِّØ­ْ” sperti yg kita tadaburi dlm pertemuan kl ini, dan bentuk Masdar " Subhaanalladiii Asrooo bia abdiih QS al Isra 1

Dan siapa yg lebih berhak u ditinggikan dan disucikan melainkan hanya Dzat yg serba Maha ini. Tuhan yang maha tinggi, kemuliaan-Nya tiada yang melangkahinya, keperkasaan-Nya tiada yang sanggup menandinginya.

Dalam setiap ruku’ dan sujud kita selalu membaca tasbih, mengakui kesucian & ketinggian-Nya, maka di luar shalat seharusnya kita lebih menyucikan dan meninggikan Allah. Dan ketinggian di sini bukanlah sebuah ketinggian materi dan tempat atau kedudukan. Namun ketinggian dengan segala maknanya. Berkuasa, serba mampu bertindak dan melakukan apa saja.

Semoga kita diberikan kemudahan untuk menghadiri kajian beliau selanjutnya. Kajian diakhiri dengan pelaksanaan sholat Isya' berjamaah, 



Posting Komentar

0 Komentar